Prodi Arsitektur UNIFA akan Melakukan Pemetaan di Papua Barat

STKIP muhammadiyah Manokwari (STKIPMM) dan Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Fajar (UNIFA) melaksanakan perjanjian kerjasama / memorandum of understanding (MOU) di Kampus Universitas Fajar (21 juni 2019). Kedua perguruan tinggi tersebut menjalin kerjasama untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan serta studi pengembangan instistusi meliputi pengabdian masyarakat di Pulau Mansinam Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.
Program pemetaan secara partisipatif di pulau Mansinam Kabupaten Manokwari dapat menjadi data serta acuan dalam pelaksanaan pembangunan nasional serta berguna bagi pemerintah untuk mengetahui program yang akan direncanakan nantinya di pulau tersebut.
Syamsul darmawan yang juga merupakan dosen STKIPMM ditemui mengatakan inilah salah satu bentuk pengabdian kami kepada Tanah Air terkhusus masyarakat setempat dipulau Mansinam papua barat agar pemerintah setempat memiliki acuan atau landasan awal untuk perencanaan pembangunan, program kesehatan, peningkatan perekonomian dan lain lain, data dari pemetaan ini menjadi dasar dalam perencanaan tersebut serta menjadi media informasi spasial bagi masyarakat sekitar. Selama ini juga kita ketahui bahwa peta merupakan kebutuhan dan menjadi acuan tata ruang dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Begitupun dengan Masyarakat bisa mengakses peta untuk kepentingan pembelajaran pengetahuan untuk mengetahui sampai dimana dan kemana sumber daya alam dan potensi yang ada di wilayahnya.
Meldawati Artayani yang juga Ketua Prodi Arsitektur UINIFA mengatakan melalui peta partisipaf tersebut dapat menjadi percontohan di daerah lain khususnya dipapua barat sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan.
Pembahasan kerjasama yang dilakukan tersebut diharap memperoleh kesepakatan kerjasama dalam Membentuk tim kerja dan melakukan survey lokasi dan penentuan sebaran rumah untuk memperoleh data yang dibutuhkan sesuai pemanfaatan kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *