Fakultas Teknik UNIFA

Mahasiswa Teknik UNIFA Ciptakan Pendeteksi Gempa Bumi

Mahasiswa Fakultas Teknik Universita Fajar (UNIFA) Makassar masing – masing, Rusli Mallatong (Ketua tim), Muhammad Reinaldi Malik (Anggota), Muh. Ilham Haz (Anggota) dan Dosen Pendamping Asri Mulya Setiawan. S.T.,M.T berhasil menciptakan alat pendeteksi gempa bumi.

Pembuatan alat ini merupakan rangkaian dari program kreativitas mahasiwa. Alat tersebut disebut alat detektor gempa bumi pada gedung bertingkat dengan nitifikasi suara sebegai peringatan evakuasi. Ketua Tim pencipta alat detektor tersebut, Rusli Mallatong mengatakan adapun yang menginspirasi untuk menciptakan alat tersebut karena dari kejadian gempa bumi di Lombok dan Palu.

Hal ini mengakibatkan Indonesia adalah negara yang rawan akan keadaan gempa bumi. Namun biasanya tidak maksimal, dikarenakan pemasangan alarm hanya pada tempat-tempat tertentu seperti di laut dan di gunung sehingga tidak memberikan informasi atau peringatan dini pada tempat keramaian yang tertutup seperti hotel, rumah sakit kampus dan gedung-gedung pencakar  langit lainnya. “Maka dari itu saya selaku Mahasiswa Sipil yang memperlajari mengenai gempa dan infrastruktur menemukan ide terkait alat gempa lalu berkaloborasi dengan mahasiswa elektro yang juga satu kampus,” ungkapnya.

Menurutnya, sistem kerjanya yaitu ardino terhubung ke accelerometer sebagai pengukur keseimbangan tanah, dan sensor getar sendiri akan merespon getaran yang terjadi pada saat tanah terkena guncangan atau getaran.

Setelah  data ditampilkan, kata Jusli maka Indikator Led akan mengirimkan tanda lampu hijau yang berarti aman, kemudian warna kuning yang menandakan siaga dan untuk lampu warna merah menandakan bahaya. “Selanjutnya indikator Led merespon ketiga tanda tersebut, maka speaker akan mengeluarkan sinyal suara seperti penyampaian bahwa “gempa telah mencapai level siaga,” terangnya. Lalu setelah mengeluarkan sinyal suara level siaga, kata Dia, akan terjadi guncangan atau getaran yang lebih keras lagi dengan perkiraan 6-9 SR maka indikator Led merespon tanda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *