Tim PKM Penelitian UNIFA Menguji Ketahanan Material Komposit sebagai Proteksi Terhadap Kebakaran Gedung

Tim PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) tengah melakukan monev di Ballroom Menara Phinisi UNM Lantai 02 (25 juni 2019). Tim ini terdiri dari Fitri Verawanti (Ketua), Muhammad Idrus (Anggota), Fajar Musahir (Anggota) yang terdiri dari mahasiswa Teknik Sipil UNIFA dan dibimbing oleh Asri Mulya Setiawan, ST. MT. Pada PKM Penelitian ini mereka mengangkat judul “KOMPOSIT BAHAN PENGUJIAN KARBONASI DAN KETAHANAN SEBAGAI PROTEKSI TERHADAP KEBAKARAN STRUKTUR GEDUNG”.

Menurut Fajar Musahir, salah satu anggota tim mengatakan sesuai dengan judulnya, kami membuat penelitian tentang ini selama ini. Bahan komposit terdiri dari GFRP (polimer yang diperkuat serat gelas) dan CFRP (polimer yang diperkuat serat karbon) hanya dapat digunakan untuk memperkaya struktur.
Maka dalam penelitian kali ini, kami menggunakan lapisan GFRP dan CFRP sebagai perlindungan dari panas api akibat kebakaran.

Dari hasil penelitian, telah terbukti dari bahan komposit yang digunakan, berhasil dilindungi dari karbonasi yang disebabkan oleh panas api akibat kebakaran, demikian menurut mahasiswa Teknik Sipil UNIFA ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *