Mahasiswa Teknik Sipil UNIFA Meneliti Kolom Dermaga yang Diperkuat oleh CFRP

Tim PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) tengah melakukan monev di Ballroom Menara Phinisi UNM Lantai 02 (25 juni 2019). Tim ini terdiri dari Sugira Said (Ketua), Azizah Fauzan (Anggota), Rezki Pratama Putra (Anggota) kesemuanya merupakan mahasiswa Teknik Sipil UNIFA dan dibimbing oleh Asri Mulya Setiawan, ST. MT. Pada PKM Penelitian ini mereka mengangkat judul ”SERANGAN KLORIDA TERHADAP KOLOM DERMAGA YANG DIPERKUAT CFRP DENGAN METODE LAY UP”.

Menurut Sugira Said selaku ketua tim penelitian ini mengatakan sesuai dengan judulnya, penelitian tersebut bisa dijadikan suatu pedoman pada pekerjaan konstruksi dermaga terutama pada kolom dermaga itu sendiri.
Penelitian ini juga memberikan pengetahuan mengenai kekuatan struktur kolom dermaga yang diperkuat oleh CFRP pada lingkungan laut.

Adapun potensi hasil dari penelitian ini yaitu mengeluarkan suatu pengetahuan baru tentang bagaimana kapasitas CFRP untuk melindungi beton dari air laut serta mampu meningkatkan kekuatan tekan beton yang dapat memperpanjang umur beton tersebut, demikian menurut mahasiswa Teknik Sipil UNIFA ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *