Tim Arsitek UNIFA Garap Master Plan Desa di Takalar

Tim Dosen dan dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Fajar melakukan kunjungan ke kantor Desa Balangtanaya Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar untuk menindaklanjuti kerjasama dalam rangka Pendampingan Desa Melalui Pendampingan Universitas. Rabu (3 juli 2019)

Dalam kerjasama ini tim dari Program Studi Arsitektur akan menggarap perencanaan Master Plan Desa yang akan dijadikan pedoman utama dalam pembangunan infrastruktur, potensi kawasan wisata, agro industri, dan penataan permukiman. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan kedepan karena akan melalui beberapa tahapan, yakni survey & observasi lapangan, pengolahan data, perancangan dan pembuatan maket modeling.

Menurut Pak Dedy Pendamping Desa Balangtanaya mengatakan kita sangat membutuhkan perancanga master plan di Desa Balangtanaya karena setiap tamu dan pemeriksa dari pusat selalu menanyakan hal yang sama, yakni sejauh mana perencanaan desa kedepan dan apakah sudah dituangkan dalam Master Plan Desa. Nah kalau dalam hal ini kita tidak mempunyai persiapan kita juga akan kewalahan dalam mengusulkan rancangan program pembangunan kedepan.

Meldawati Artayani, ST. MT. di tempat yang sama juga mengungkapkan bahwa Master Plan Desa merupakan acuan dasar dalam perencanaan pembangunan, bahkan di Master plan yang akan kita rencanakan juga akan menyajikan data sosial sesuai kebutuhan desa. Inilah yang akan menjadi pedoman dan usulan dalam menetapkan peraturan desa (PerDes) tentang penetapan zonasi kawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *