Tim PKM UNIFA Menggelar Pelatihan di Kampung Bambu Toddopulia Kabupaten Maros

Universitas Fajar (UNIFA) melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Toddoppulia Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros (Senin (15/7/2019), dalam rangka kegiatan Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) KEMENRISTEK DIKTI dengan tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Melalui Metode Pengawetan dan pengolahan Bambu Lamina pada Masyarakat Kampung Bambu Desa Toddopulia Kabupaten Maros.

Dalam pelatihan ini mengikutsertakan para warga desa, perwakilan dari Karang Taruna, dan tokoh masyarakat Desa Toddopulia. Kegiatan ini berlangsung di kantor balai desa Toddopulia dihadiri langsung perwakilan Kementerian PUPR, Camat Tanralili, Kepala Desa Toddopulia, serta dosen-dosen Universitas Fajar (UNIFA).

Menurut Meldawati Artayani yang merupakan ketua tim Pengbdian Kepada Masyarakat (PKM) mengatakan Kegiatan PKM ini menggunakan metode pendekatan Model Community development yaitu pendekatan yang melibatkan masyarakat secara langsung sebagai subyek dan obyek pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah Sosialisasi/pendekatan bambu sebagai material konstruksi bangunan, pemahaman tentang proses pengawetan bambu, dan diverivikasi serta budidaya bibit bambu. Setelah instrumen pendampingan telah siap selanjutnya tim pengabdian menjadwalkan kegiatan pendampingan/pelatihan secara bertahap,serta peningkatan kuantitas dan kualitas produk dan Peningkatan pemahaman dan ketrampilan masyarakat.

Kepala Desa Toddopulia, A Abbas menyambut baik kedatangan tim dari UNIFA, dengan program yang dibawa ke desanya tersebut sebagai bentuk pendampingan untuk memajukan Desa Toddopulia. “Kami sangat berterima kasih kepada Unifa telah mengadakan kegiatan ini terkait pengembangan desa wisata bambu. Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan ini bisa memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki desa Toddopulia Kampung Bambu”, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *