UNIFA Laksanakan Monev Hibah Internal Pengabdian Masyarakat 2018

Universitas Fajar laksanakan Monev Internal Hibah Pengabdian Masyarakat Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian RISTEKDIKTI di Ruang Rapat Rektorat Universitas Fajar (14/09/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Asmi Citra Malina, S.Pi. M.Agr., Ph.D. yang merupakan reviewer nasional Wilayah Sulawesi bertindak sebagai pemonev internal yang memberi penilaian kepada beberapa dosen yang menang hibah pengabdian masyarakat di lingkup Universitas Fajar.

Menurut Asmi Citra Malina mengatakan perlu adanya lagi peningkatan pada sisi luaran yang nanti dihasilkan klo perlu luarannya berupa produk yang telah terdaftar HaKI dan Buku yang telah diterbitkan. Tingkat omset dari mitra juga perlu dilaporkan sebagai parameter berhasil atau tidaknya program yang telah kita laksanakan, apakah penghasilan mereka meningkat atau masih sama sebelum kita kerjasama dengan mereka. Perlunya juga menyiapkan beberapa bukti publikasi baik di media cetak atau online sebagai jejak digital bahwa kita pernah melakukan kegiatan pengabdian tersebut pada saat monev lapangan.

Ketua LPPM UNIFA, Dr. Sinardi saat dikonfirmasi di lokasi yang sama mengatakan kegiatan monev ini tidak hanya mengevaluasi kegiatan pengabdian yang sedang berjalan, tetapi juga memberi masukan yang positif untuk pembuatan proposal pengabdian berikutnya. Monev yang dilakukan juga untuk memperbaiki output kegiatan persiapan pelaksanaan monev eksternal yang akan diadakan pekan depan. Setelah monev selesai, reviewer juga berbagi tips dan trik jitu guna peluang proposal pengabdian berikutnya lolos.

Kedepan, Unifa melalui LPPM akan mengintensifkan kegiatan coaching proposal pengabdian kepada dosen internal guna memberi pemahaman mendalam (filosofi pengabdian) agar tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *