Jelajah Arsitektur IV Ekpedisi ke Kawasan Ammatoa Kajang

Mahasiswa baru angkatan 2019 Program Studi Arsitektur mengambil kegiatan Jelajah Arsitektur IV yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Fajar di Kawasan Adat Amma Toa Kajang Kabupaten Bulukumba (29 November – 1 Desember 2019).

Kegiatan ini merupakan studi lapangan studi perkembangan arsitektur dengan tujuan mahasiswa melakukan pengamatan langsung di kawasan adat ammatoa kajang guna melihat, mengakses dan menganalisis karya arsitektur serta bertanya langsung kepada pemuka adat sebagai narasumber penelitian penelitian mereka.

Menurut Sri ketua Himpunan Arsitektur UNIFA, suku kajang adat amma toa sangat menarik perhatian. Arsitektur baik dari segi segi empat transportasi maupun alat-alat canggih lainnya. Dari segi bangunannya suku Kajang adat Ammatoa ini masih menggunakan rumah adat asli suku kajang dengan bahan kayu, bambu dan bahan lain yang diambil langsung dari alam serta metode pembangunannya dengan cara sederhana dan goyong royong.

Sementara Irjan salah satu peserta kegiatan Jelajah Arsitektur IV ini menambahkan kegiatan ini sangat bagus karena menambah wawasan dan pengetahuan tentang budaya di Indonesia disisi lain suku kajang adat Ammatoa yang masih bertahan dan tidak terkikis oleh zaman modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *