Tim Perencana dan Riset UNIFA Lakukan Pengabdian, Pendampingan Desa Wisata di Pangkep

Tim Perencana dan Riset Pariwisata Universitas Fajar (Unifa) melakukan pengabdian dan pendampingan masyarakat terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa di Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep, namun tempat pelaksanaan kegiatannya di Kampung Berua Dusun Rammang-rammang Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros (11-12 Januari 2020).

Kegiatan ini merupakan Bursa Inovasi Desa yang dikerjasamakan dengan tim P3MD, TPID dan PLD Kabupaten Pangkep.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah pemanfaatan tenaga profesional untuk konservasi biota laut melalui pengembangan desa wisata.

Dalam kegiatan kali ini ada beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber antara lain. Info grafis dan pengenalan desa wisata oleh Faris jumawan (Wakil Dekan Fakultas Teknik UNIFA), Sapta Pesona, Sadar Wisata, Home Stay dan Kulinery oleh Nasrullah (Ketua Prodi Bina Wisata UNIFA).Promosi Desa Wisata Melalui Multimedia oleh Erianto (Alumni UNIFA).

Kegiatan ini disambut baik oleh Camat Liukang Tangaya yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus cermat dalam membangun dan mengembangkan setiap potensi yang ada di daerah kita masing-masing, pelajari baik potensinya baru dibangun infrastrukturnya.

“Jangan dipaksa menjadi daerah wisata kalau memang potensi wisatanya kurang mendukung, itukan bisa dijadikan daerah industri atau pertanian saja”, tambahnya.

“Kami dari UNIFA siap membantu Kabupaten Pangkep dalam mengembangkan segala potensi yang ada, setiap pembangunan harus disertai perencanaan dan strategi yang matang, jangan lagi pembangunannya tiba masa tiba akal apalagi beda pemimpin beda kebijakan karena masyarakatlah nanti yang jadi korban”, Terang Fariz Jumawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *