Tim Riset dan Pengabdian Masyarakat UNIFA Menggagas Perencanaan Master Plan di Desa Kabba

Tim penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Fajar melakukan pertemuan dengan pihak berwenang Desa Kabba Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep (6 Juni 2020). Kunjungan Tim dari Universitas Fajar yang menerima 3 orang diterima dan dijamu langsung oleh Plt Kepala Desa Kabba Muh. Syukur SE bersama jajarannya di Kantor Desa Kabba. Dalam pertemuan ini ada beberapa pertemuan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, antara lain Rencana Induk Desa dan Pelatihan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang ada di Desa Kabba.
Menurut Amrullah Amir Ketua Tim dari Universitas Fajar datang, pada kesempatan ini kami memilih Desa Kabba sebagai lokasi pengabdian masyarakat karena sebelumnya desa ini merupakan lokasi pelaksanaan KKN E Universitas Fajar. Mahasiswa KKN E sebelumnya telah mengadakan perencanaan pengembangan pertanian dan pertanian yang dapat menarik dana di Kabupaten Pangkep, makanya kami mengadakan pertemuan dengan pemerintah desa untuk memetakan perencanaan kedepan sebagai landasan pembangunan desa.
Muh. Syukur SE selaku Plt Kepala Desa Kabba memberikan tanggapan positif dan setuju kepada tim dari Universitas Fajar memilih Desa Kabba sebagai lokasi penelitian dan pengabdian masyarakat, serta sangat terbuka bagi lembaga untuk meminta bantuan tentang kegiatan di Desa Kabba. Desa Kabba mangandalkan bidang perikanan dan pertanian sebagai tulang punggung ekonomi desa, terdiri dari lahan tambak, persawahan, tanah kering, tanah perkebunan dengan komiditi perikanan, padi dan hasil pertanian sebagai komiditi terbesar. Selain itu juga membudidayakan udang seperti windu dan udang vaname serta tanaman buah-buahan termasuk mangga dan pisang serta tanaman perkebunan lainnya.
Dengan adanya program perencanaan Master Plan Desa yang digagas oleh Universitas Fajar tentu saja semua potensi ini dapat kita petakan dan menjadi rencana perencanaan sampai beberapa tahun kedepan, begitupun disektor pariwisata kita memiliki lokasi kars yang tidak bisa dihilangkan eksotisnya dengan Rammang-rammang yang merupakan tempat wisata dan kabupaten Maros.
Semoga dengan terjalinnya kerjasama ini merupakan awal yang baik bagi Desa Kabba dalam pembangunan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *